Sunday, July 23, 2017

Lombok Day 1 : Lombok Here We Come

Hello again, blog🙋

Setelah hampir setahun vakum nulis karena harus menyelesaikan apa yang seharusnya diselesaikan, mulai sekarang bakalan rajin nulis lagi 🙆

Postingan pertama di tahun 2017 ini ( padahal udah bulan Juli pun ), gue mau sharing pengalaman liburan yang terbilang sangat dadakan ke Lombok bareng sahabat kentel gue ( susu kali ah ) .Berawal dari Saras yang ada acara workshop di Bali seminggu, tiba-tiba ngechat di grup mau ada workshop seminggu di Bali nih, kayanya kalo lanjut Lombok asik juga, mau ikut?" . Tanpa pikir panjang, kecuali mikirin dapet ijin cuti yang dadakan, gue sama Indah yang emang sama-sama punya bucket list ke Lombok langsung bilang "IYA" .

Setiap liburan, mau kemanapun dan kapanpun, Saras akan selalu menjadi bendahara dan pembuat itinerary yang sanagat terstruktur dan rapi . Jadi kita tinggal duduk manis ngikutin semua itin dari dia . Dan perjalanan ke Lombok ini pun masih sama, dari mulai cari tiket pesawat, hotel dan lain-lain semua beres tinggal terima jadi . Walaupun tiket dibeli sebelum dapet acc cuti, kalo emang ada jalan inshaAllah bos pasti ngijinin *filosofi yang aneh*😆

Berhubung Saras udah seminngu di Bali, jadi dia dan ma Ipung  tinggal nyebrang aja ke Lombok via Gilimanuk . Sedangkan gue dan Indah langsung nyusul ketemuan di Lombok. Berangkat berdua sama Indah memang selalu rempong, emang basic nya hyperaktif jadi harap di maklum . 

Karena sampe Lombok tengah malem, gue sama Indah langsung naik taxi bandara menuju penginapan yang ngga jauh dari bandara . Tarif taxi bandara ke penginapan sekitar 100rb untuk 2 orang, sebelumnya udah telpon ibu yang punya home stay buat nanya tarif taxi nya karena takut dibohongin hehe . Dan pas tawar menawar di bandara, drivernya langsung bilang 100rb . Kita nginap di Wisma Dhana yang sebelumnya udah booking di traveloka . 


Tempatnya kurang lebih 6km dari bandara, tarif  buat overnight stay 100rb untuk kamar for 2 person include sarapan besok paginya . Home stay nya cukup luas dan nyaman, staff nya juga very helpful . Di setiap kamar juga di kasih tanda arahan buat kiblat nya . Kelebihan lainnya adalah nasi goreng buat sarapan nya enak banget! Perjalanan Lombok Day 1 kita milih meng-explore Lombok Tengah . Selama di Lombok kita sewa motor, tarif seharinya 70rb untuk 24jam . 
Dari Mataram ke Lombok Tengah ini naik motor sekitar 1 jam dan hanya bermodalkan GPS . Ngga terasa banget perjalanan karena di Lombok ngga da macet sama sekali dan pemandangan nya bagus-bagus . Tujuan utama hari pertama ke pantai Kuta, Tanjung Aan, Bukit Merese dan tentu nya Desa Sade . 


Lombok Day 1 :



- Pantai Kuta, Bukit Mandalika






Add caption

Pasir Butiran Merica




Pantai pertama yang kita kunjungin adalah Pantai Kuta, masuk ke pantai ini ngga ada uang retribusi nya jadi kita langsung bebas lari-larian ke pantai . Padahal baru tujuan pertama tapi udah excited banget, karena pantai nya sepi jadi serasa milik pribadi . Sejauh mata memandang cuma bisa bisa berdecak kagum, karena pantainya bagus dan bersih banget . 

- Tanjung Aan






Tolong jangan zoom foto ini😛


Next stop is Tanjung Aan . Nah dari Pantai Kuta ke Tanjung Aan ini ngga terlalu jauh juga jaraknya . Dan ada uang masuk 5rb rupiah/orang . Di Tanjung Aan ini lebih dominan sama wisatawan luar negeri yang kebanyakan berjemur santai di pinggir pantai . Tanjung Aan ngga kalah bagus sama Pantai Kuta, cuma pas kesini kayanya pas tengah hari bolong jadi ngga kuat lama-lama . Dari Tanjung Aan bisa juga sewa kapal buat nyebrang ke Batu Payung . Sambil istirahat kita beli es kelapa terus duduk duduk di saung, duh nikmatnya .

- Bukit Merese / Merese Hills 

Perjuangan nanjak ke bukit

Di atas bukit



Putri . Indah . Saras . Lagi ngomongin masa depan . 

Happy faces💗

Ini nih laki-laki super temen trip kali ini, Mas Ipung . Foto lengkap personil Lombok trip .

Dunia itu sempit . Di atas bukit kenalan sama fotografer yang tiba-tiba minta ijin merekam kita yang kegirangan kaya anak kecil naik ke bukit . Dan, mas Danny dan teman nya ini masih satu almater di UI loh .

Indah lagi difotoin sama fotografer

Pose foto diarahkan fotografer

Bucket list checked😍




Bukit Merese ini emang jadi salah satu bucket list gue sama Indah, dan kita sampe juga disini yeay👏 Walaupun nanjaknya gak susah karena udah kecapean main di pantai, tapi semua terbayar pas kita sampai di atas bukit . Ngga berhenti mengucap syukur masih diberi kesempatan buat melihat langsung keindahan alam ciptaan-Nya . Nikmat mana lagi yang kau dustakan . Syukur Alhamdulillah . Ohya menurut info dari mas Danny, bukit Merese dan daerah sekitar nya mau dibeli orang jadi ngga akan lama lagi ngga bisa dinikmatin sama pengunjung . 

- Desa Sade 





Warga lokal yang jadi tour guide kita






Masjid di Desa Sade

Kain tenun kerajinan tangan khas Desa Sade

Baju khas desa Sade

Belajar menenun dari ahli nya .



Desa Sade ini jadi tujuan akhir perjalanan hari ini setelah pantai dan bukit . Desa Sade adalah perkampungan kecil di Lombok Tengah dengan kearifan lokal yang udah sangat terkenal dimana mana karena salah satu penghasil tenun terbaik .Budaya sama pola hidupnya masih sama seperti warisan nenek moyang nya mereka dan tetap terjaga . Masuk ke Desa Sade ini ngga ada tarif masuk, tapi bakalan ada tour guide yang siap membawa kita mengenalkan budaya disini, jadi kamu cuma perlu memberikan pengganti uang lelah buat guide nya . Pertama masuk kita dibawa ke Balai pertemuan warga buat dijelasin seluk beluk tentang desa Sade ini . Lalu kita dibawa keliling rumah-rumah yang arsitekturnya sangat khas, kaya lantai nya yang dibersihkan sama kotoran sapi dan atap nya yg terbuat dari ilalang . Hampir sebagian besar wanita di desa Sade ini berprofesi sebagai penenun, karena katanya syarat untuk menikah di desa ini adalah bisa menenun . Kalo kesini jangan lupa belajar cara menenun dari ahlinya ya . 

- Sate Rembiga

Sate Rembiga
1 porsi isi 10 tusuk harganya 20k

Sate Rembiga vs Sop Balungan

Foto sama Walikota Mataram
Ada mas Ian dan Mba Ayu
 Sebagai penutup hari, kita cari makanan khas Lombok yang udah terkenal banget, sate Rembiga🍡Jadi selama perjalanan di Lombok ini, kita punya kenalan baru Mba Ayu dan Mas Ian yang emang orang asli Lombok dan denga  baik hatinya nemenin kita jalan - jalan dan kulineran disini . Kita makan sate Rembiga di Warung Sate Rembiga Utama . Sate Rembiga ini, adalah sate pakai daging sapi yang diolah pake banyak rempah - rempah, gue sebagai orang yang ngga terlalu suka makan daging tapi pas cobain sate ini duh enak banget, lebih ke pedas manis sih rasanya dan biasanya di makan pakai lontong . Jangan lupa juga cobain sop balungan yang ngga kalah enaknya . Pas kita lagi makan, tiba - tiba ada rombongan yang langsung diminta fotoin sama orang lain, kita yang ngga tau pun akhirnya ikutan foto bareng, dan ternyata itu adalah Bapak H. Ahyar Abduh, walikota Mataram . Beruntung banget pas lagi makan ketemu beliau, terus ditanya darimana asalnya dan gimana rasanya liburan di Lombok . Sekian cerita perjalanan liburan ke Lombok part 1, lanjut ke postingan selanjutnya ya . Happy reading💁




4 comments:

  1. i like your post. Lombok is such a wonderful place. i've been there once :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indeed ika! shall we go to lombok again next time?

      Delete
  2. Inspiratif dan menarik banget trip nya di lombok, ditunggu postingan berikutnya yaaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Rika, terimakasih ya . Ohya lanjutan nya udah aku posting ya https://putrisariss.blogspot.co.id/2017/07/lombok-gili-way.html happy reading

      Delete