Monday, October 19, 2015

Maret 2015 : One Day Trip to Gunung Batu

Berawal dari ketagihan "nanjak" gunung, yailah padahal baru naik gunung Ijen aja banyak gaya . Rasa panasaran untuk nyoba memacu adrenalin muncul lagi . Padahal mah ya, gue tau kapasitas kemampuan fisik gue yang ngga sepadan sama tingkat ke-baperan pengen naik gunung ( lagi ) . Karena gue yang udah ngidam banget ke Gunung Batu Jonggol ini gegara "panas" di komporin sama Rahmia yang emang basic nya anak-gunung-banget dan diliatin foto-foto indahnya pemandangan disana makin menggebu-gebu lah gelora ini #lah . Untung punya temen-temen yang mau aja diajakin kesini . Walopun rada susah ngumpulin mereka akhirnya jadilah "niat" berangkat ke gunung hits yang #instagram-able ini terlaksana .

Setelah 156793242474 juta kali menyamakan jadwal ketemu yang susah banget, akhirnya 23 Maret 2015 dengan mengucapkan Bismillah #maungapain, perjalanan menuju Gunung Batu bareng Eva, Faris, Ridwan, dan Luthfi terlaksana juga, yeaay Alhamdulillah! Seperti biasa, niat berangkat pagi selalu gagal karena si Lupi *sebut saja Luthfi* telat bangun  > alasan klasik . Dengan berbekal gorengan, perjalanan ini di mulai .
Faris . Eva . Lupi . Putri . Ridwan


Rute ke Gunung Batu Jonggol ini cukup gampang, apalagi buat kita yang tinggal ngga jauh dari Cibubur :

1. Ambil jalan lewat alternatif cibubur arah Cikeas - flyover Cileungsi 
2 . Perum Citra Indah masih lurus terus sampe Mekarsari
3. Mekarsari lurus lagi sampe ketemu pertigaan yang ada Tugu Beriman belok kiri arah Cariu - Cianjur
4. Ketemu pertigaan lagi namanya Mengker, patokan nya ada Alfamart dan Sekolahan dan gang nya ada disebelah kanan  
5. Masuk gang, lurus terus aja ikutin jalan kurang lebih 5 km nanti ketemu tukang bakso *eh ini mah tempat kita sarapan* masih 15 km lagi ketemulah penampakan sebuah Gunung yang keliatan nya Bebatuan *emang nama nya Gunung Batu kaliiii*
6. Ikutin jalan yang ada papan " Jalan Gunung Batu" carilah warung di kaki gunung disitulah pintu masuk nya
7. Titipkanlah kendaraan anda ke tukang bakso *pilihan opsional* supaya tenang dan aman .

Penampakan Gunung Batu dan tragedi sepatu Eva yang copot sesaat sebelum nanjak, jadilah pake sandal karet naik gunung yaaaay!
Karena hari Minggu, dan tempat nya emang lagi hits banyak banget orang yang mau kesana . Dan, di pintu masuk ngga ada penjaga tiket a.k.a gratis . Dengan kondisi perut yang kosong *pdhl udah mampir makan bakso* dan cuma bawa minum sama croissant dua biji mantaplah kita mulai perjalanan . Barengan sama penanjak yang lain, kalo di liat-liat cuma kita yang ngga bawa apa-apa . Karena yang lain nampaknya adalah penanjak sejati dengan bawaan tas Gunung beserta alat-alat sah-nya! Berdasarkan survey dari blog orang, waktu tempuk sampe ke Puncak gunung kira-kira 1 jam dengan trek yang cukup menantang even buat pemula .

30 menit pertama masih santai aja karena pemandangan sekitar banyak pohon jadi sejuk padahal panas terik juga dan kita mulai nanjak sekitar jam 12 teng, kebayang lah kumaha terik na . Mulai tanjakan pertama udah kerasa trek bebatuan dan butiran lagu menyambut . Sambil bercanda, ngobrol sesekali istirahat dan tolong menolong kalo jalanan nya susah juga saling menyapa satu sama yang lain kalo lagi papasan, jalan yang sesungguhnya mulai terasa . Keliatan tanjakan kedua dengan fisik yang udah ngga se-on awal, rasa capek mulai bikin keki . Di tambah lagi, Eva yang udah pucet karena dari awal merasa mgg bakalan sanggup sampe ke atas tapi kita semua selalu ngeyakinin "Eva pasti bisa" . Bener aja, ngga jauh dari tanjakan kedua dia tiba-tiba duduk lemes dan jackpot . Semangat nya udah nyaris putus, minta kita ninggalin dia di warung aja . Tapi sambil dia minum teh anget, dan ngisi perut dengan croissant yg gue bawa dan yang lain istirahat juga sambil nikmatin pemandangan alam yang wow banget kita semangatin dia terus!
Eva dengan Crocs dan Croissant
Ini Lupi si One Piece #ehbukandeng
Faris dan si tongkat ajaib
Ridwan dan kesibukan selfie sekalian bikin video buat Meida pacarnya
Setelah ngerasa cukup kuat, dan Eva mulai semangat lagi kita mulai lagi jalan dengan semangat karena ngeliat puncak ketiga ngga jauh lagi *keliatan nya aja* . Dan tanjakan ketiga ini, adalah jalan yang menuntun kita ke puncak adalah trek yang dibilang "dewa" , karena tanjakan nya curam juga terjal hanya setapak dan berbatu jadi kita harus harus sabar ngantri untuk sampe ke atas . Cuaca gunung batu emang terkenal ekstrim, pas awal nanjak sangat terik, udah mau sampe ke Puncak mulai mendung takut banget kalo tiba-tiba hujan dan harus putar balik !
Pemandangan dari atas Puncak

And we did it guys *drumroll* . Mission Completed
Foto Asli dengan awan yang sudah menghitam

Foto Saya di puncak yang udah di edit karena saking ramenya jadi backgrundnya orang semua hiks

Putri dan Pengawal ( Faris ) yang dibelakang gatau siapa sibuk selfie

Yeaaay Eva sampe ke Puncak juga 
Rasa nya campur aduk banget pas sampe Puncak antara terharu iya, bangga iya, pokoknya campur aduk . Di atas puncak, ngga berhenti-henti mengucap syukur karena kita sebagai manusia kayanya kecil banget di hadapan ciptaan-Nya yang lain . MasyaAllah, nikmat mana lagi yang kau dustakan bisa menikmati pemandangan alam yang begitu amazing dari atas sana *sok bijak* . Tapi belum terlalu lama kita di atas sambil nikmatin pemandangan bener aja tiba-tiba langsung gerimis dan semua yang di atas panik takut ngga bisa turun . Karena emang awan nya udah hitam banget dan hamparan pemandangan hijau mulai tertutup kabut kita memutuskan buat segera turun .


Kabut yang semakin tebal
Tali buat turun . Inget ya harus sabar dan ngantri juga saling membantu
Dan bener aja, untungnya kita langsung buru-buru turun walaupun sambil setengah lari-larian dan merosot karena 1/3 jalan sampe ke bawah hujan deras langsung turun . Kita langsung meneduh di warung kecil punya warga yang atap terpal nya berkali - kali bocor karena hujan nya sangat deras . Alhamdulillah sampai juga di bawah dengat selamat . Perjalanan alam kali ini ditemenin sama sahabat, dan semoga bisa jadi kenangan manis dan pembelajaran ke depannya . Terimakasih ya Allah atas segala keajaiban alam cipataan-Mu .

"There is competition between every person on this mountain. The last word always belongs to the mountain." - Anatoli Boukreev -

Nb : As Anatoli Boukreev reminds those less-experienced climbers, while everyone on the mountain is competing for something or another, it is the mountain that will always win. Truer words were never spoken.

No comments:

Post a Comment